Merajut Kebhinekaan Melalui Kemah Bakti Pemuda

0
191

Sleman – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman bekerjasama dengan KNPI Kabupaten Sleman mengadakan kemah bakti pemuda. Setidaknya 100 orang peserta dari perwakilan ormas pemuda, karang taruna, komunitas dan organisasi keagamaan di Kabupaten Sleman mengikuti kegiatan Kemah Bakti Pemuda 2019. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak Jumat 20 September 2019 hingga Minggu 22 September 2019 bertempat di bumi perkemahan Pulo Sigeni, Kisik, Sendangagung, Minggir, Sleman. 

Pembukaan Kemah Bakti Pemuda ini sebelumnya ditandai dengan apel siaga dan pengalungan tanda peserta sekaligus pemakaian topi kepada perwakilan peserta. Kepala Bidang Pembinaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sleman Rahman Subadi menjelaskan, kegiatan ini diisi materi terkait kebijakan pembangunan pemuda, merajut kebhinekaan, strategi menghadapi era informasi 4.0, entrepreneurship, nilai-nilai kerukunan beragama dan wawasan kebangsaan serta kepeloporan pemuda. 

“Untuk memupuk jiwa sosial pemuda, diadakan pula bakti sosial berupa bedah rumah di wilayah Sendangagung, dan kerja bakti di rumah ibadah masjid dan gereja,” tambahnya

Sementara itu, Sekretaris Dispora Sleman Drs. Ery Widaryana, MM dalam upacara pembukaan menyampaikan, kegiatan yang rutin diadakan tiap tahun ini bertujuan untuk mencetak pemuda yang mandiri, tangguh,dan berjiwa sosial tinggi. Yang tidak kalah penting, kegiatan kemah ini diisi dengan bakti sosial yang memiliki tujuan membekali pemuda agar tidak meninggalkan sifat ramah tamah dan gotongroyong yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia. 

“Mengingat keterbatasan kuota, diharapkan para peserta dapat menjadi pioner dan pelopor bagi pemuda yang lain,” ujarnya.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan kemah bakti ini yaitu membangun tali silaturahmi, komunikasi dan interaksi stake holders generasi muda, memberikan wacana tentang pentingnya upaya peningkatan kualitas karakter pemuda sebagai bagian dari generasi muda, kaitannya dengan posisi peran strategis pemuda/ generasi muda bagi masa depan bangsa dan negara.

Adapun tema kegiatan kemah bakti ini yaitu dengan kemah bakti pemuda kita bangun pemuda Kabupaten Sleman yang berkarakter, berjiwa sosial dan patriotisme kita rajut kebhinekaan menuju SDM unggul.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan para peserta. Selain mengikuti berbagai kegiatan materi pembinaan dari para pembimbing, para peserta kemah bakti pemuda yang diikuti oleh 100 peserta ini, juga melakukan kegiatan sosal kemasyarakatan. Diantaranya membersihkan lingkungan kemah, dan ikut gotong royong membangun rumah warga yang sedang mendapat program proyek bedah rumah. Mereka juga bersama-sama membersihkan sejumlah masjid dan gereja yang ada di lingkungan kemah. Diantaranya, membersihkan Gereja Kristen Jawa di padukuhan Pojok Desa Sendangagung, membersihkan masjid Baitusalam Padukuhan Nalan serta ikut gotong royong membangun masjid di Padukuhan Kisik, Desa Sendangagung. Mereka juga memberi bantuan berbagai sarana kebersihan tempat ibadah serta memberi bantuan berbagai sarana kerja bhakti kepada pengelola masjid yang sedang dibangun.

Tinggalkan Komentar