Pelepasan Kontingen POPDA Kabupaten Sleman 2019

0
720

Sleman – Dalam rangka pembibitan, pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga pelajar, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Askab/Pengkab Cabang Olahraga dibawah naungan KONI telah menyelenggarakan kegiatan seleksi atlit pada tanggal 10 Februari 2019 s.d 3 Maret 2019 untuk mempersiapkan dan membentuk kontingen yang akan dikirim mengikuti multi event olahraga pelajar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2019 yang akan mempertandingkan 27 cabang olahraga pada tanggal 14 s.d 19 Maret 2019 di berbagai venues pertandingan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selasa 12 Maret 2019 telah dilaksanakan acara pelepasan kontingen POPDA Kabupaten Sleman tahun 2019 yang bertempat di halaman depan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman yang secara resmi di lepas oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Bapak Purwatno Widodo, SH.CN.

POPDA merupakan multi event olahraga pelajar tahunan, sebagai titik kulminasi dan gambaran pembinaan prestasi olahraga pelajar daerah dengan mempertandingkan banyak cabang olahraga. Selain sebagai salah satu alat pemersatu di kalangan pelajar, POPDA juga bertujuan untuk meningkatkan pemasalan, pembibitan dan pembinaan atlit berbakat yang nantinya diharapkan mampu berprestasi di tingkat nasional, regional maupun internasional. Pelaksanaan POPDA yang berjenjang di tingkat Kabupaten/Kota (POPDA Kabupaten /kota), tingkat propinsi (POPDA Propinsi), sampai ke Tingkat Regional (POPWIL antar wilayah regional) dan Tingkat Nasional (POPNAS), merupakan bagian dari upaya mendukung proses pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga dimaksud. Pelaksanaan POPDA Kabupaten Sleman tahun 2019 meliputi 3 tahapan kegiatan yaitu tahap seleksi atlit, tahap pembinaan (pemusatan laihan) dan tahap pengiriman kontingen POPDA ke tingkat DIY, serta dukungan pengiriman ke tingkat regional/ nasional.

Jumlah cabang olahraga yang melaksanakan kegiatan seleksi atlit POPDA Kabupaten Sleman tahun 2019 adalah 28 terdiri dari 27 cabang olahraga yang dikirim ke POPDA DIY Tahun 2019 yaitu : atletik, angkat besi, bulu tangkis, bola basket, bola voli, bridge, balap sepeda, catur, gulat, judo, karate, kempo, pencak silat, panahan, panjat tebing, renang, sepak bola, sepak takraw, senam, sepatu roda, tenis meja, tenis lapangan, tae kwon do, tarung drajat, tinju, voli pasir, dan anggar ; ditambah 1 cabang olahraga eksibisi yaitu wood ball. Jumlah atlit sebanyak 358 orang pelajar dengan batas usia kelahiran tanggal 1 Januari 2001 dan sesudahnya. Jumlah pelatih ada 54 orang, official 27 orang dari 27 Askab/Pengkab cabang olahraga.

 

Tinggalkan Komentar