POSPEDA Sarana Silaturahmi dan Bakat Santri

0
431
Suasana Pembukaan POSPEDA tahun 2018 DIY Cabang Seni di Ponpes Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta.

YOGYAKARTA-Ratusan Santri se-Daerah Istimewa Yogyakarta ikut meramiakan ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (POSPEDA) tahun 2018 DIY cabang seni. Kegiatan POSPEDA resmi dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag DIY Drs. H. Masrudin, M.Pdi bertempat di Ponpes Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta, Minggu (2/12/2018). POSPEDA Tahun 2018 yang selama 1 (satu) hari tanggal 2 Desember 2018 memperlombakan untuk cabang seni ini digelar dipusatkan di satu tempat yakni Ponpes Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut para pejabat di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, para pejabat dari Dinas Dikpora DIY serta para tamu undangan.

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Drs. H. Masrudin, M.Pd.I menyatakan bahwa POSPEDA cabang seni dilaksanakan tersendiri terpisah dengan cabang olahraga yang telah  berlangsung beberapa waktu lalu. Beliau berharap para dewan juri dapat mengedepankan kejujuran sehingga menghasilkan juara terbaik untuk mewakili DIY pada ajang tingkat nasional.

Sementara Abdul Naim, S.Ag. selaku ketua panitia dalam laporannya menyatakan bahwa POSPEDA tahun 2018 DIY Cabang seni memperlombakan 6 kategori perlombaan. POSPESA tahun 2018 diikuti 340 peserta yang merupakan perwakilan Ponpes Kabupaten/kota se-DIY.

POSPEDA ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar santri pondok pesantren se-Daerah Istimewa Yogyakarta baik tingkat tsanawiyah maupun aliyah. Para peserta POSPEDA sebetulnya adalah sang juara di tingkat Kabupaten.

Adapaun cabang seni yang diperlombakan adalah sebagai berikut :

  1. Qasidah
  2. Hadrah
  3. Kaligrafi meliputi 
    • Seni lukis Kaligrafi
    • Kaligrafi Hiasan Mushafi
  4. Pidato 3 Bahasa meliputi : 
    • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Inggris
    • Bahasa Arab
  5. Stand Up Comedy
  6. Lomba Cipta Puisi Isi Kandungan Al-Qur’an

Tinggalkan Komentar