Torch Relay Asian Games 2018 Singgah di Candi Ratu Boko

0
613

SLEMANRangkaian kirab obor (Torch Relay) Asian Games 2018 dimulai dari Yogyakarta dan berakhir di Monumen Nasional (MONAS) Jakarta. Kirab Obor di Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengawali perjalanan dari Kabupaten Sleman. Setelah sebelumnya api obor diinapkan di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta, api yang bersumber dari api abadi di India tersebut dikirab dan mampir di Candi Ratu Boko, Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Rabu (18/7/2018)..

Torch Relay dibawa dengan mengendarai mobil dari Museum Dirgantara yang berada di kompleks Lanud Adisutjipto sekitar pukul 13.30, api Asian Games tiba di Candi Ratu Boko pukul 14.00 WIB. Api yang disimpan dalam thunderbox atau lentera itu kemudian dibawa naik ke gerbang pelataran Candi Ratu Boko. 

Rombongan kirab obor Asian Games disambut langsung Bupati Sleman Sri Purnomo yang diiringi tarian tradisional dan kesenian bregodo di depan pintu masuk kompleks candi. Obor Asian Games kemudian diserahkan kembali kepada rombongan Torch Relay yang diwakili legenda bulutangkis Indonesia, Susy Susanti yang ditunjuk sebagai Torch Ambassador Asian Games 2018.

Selanjutnya, Obor Asian Games ini akan dibawa menuju Candi Prambanan untuk prosesi penyatuan dengan api yang diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah yang dijadwalkan Rabu malam, 18 Juli 2018. Acara penyatuan itu akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan dimeriahkan dengan konser Torch Relay Asian Games.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengaku bangga dipilihnya Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan sebagai lokasi rangkaian torch relay api Asian Games 2018. “Ini rangkaian nasional, Candi Boko dan Prambanan dipilih sebagai lokasi. Kita pemerintah kabupaten dan masyarakat Sleman sangat bangga, semoga acara ini bisa berlangsung lancar, penyelenggaraan Asian Games bisa berjalan sukses, dan semoga juga bisa menjadi ajang promosi destinasi wisata, seni dan budaya,” hal ini beliau sampaikan seusai acara torch relay di Candi Ratu Boko

Tinggalkan Komentar