Sosialisasi JPI 2018

0
879

Sleman – Pagi ini Jum’at 29 Juni 2018 di laksanakan sosialisasi Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Ruang Gelora Pora Dinas Pemuda dan Olahraga Kab Sleman, kegiatan ini diikuti 35 orang peserta yang nantinya akan mendaftar sebagai peserta seleksi JPI. Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. 

Drs. Agung Armawanta, M.T selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa kegiatan JPI sangatlah bagus untuk menunjang rasa nasionalisme dan mengenalkan kebudayaan daerah ke kancah nasional. Bapak Kepala Dinas memberikan motivasi untuk persiapan seleksi JPI yaitu dengan menambah pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan dengan indikator-indikator yang juga meliputi pengetahuan religi, kebudayaan serta kesenian daerah yang harus selalu dijaga. Karena dengan wawasan kebangsaan yang baik akan menumbuhkan sikap positif, contoh kecil misalnya membuang sampah pada tempatnya yang akan mencerminkan nilai nilai Pancasila di dalamnya. Menurut beliau dari hal kecil tersebut akan berimbas ke hal yang lebih besar lagi untuk selalu cinta negara Indonesia dan akan menambah wawasan kebangsaan. Beliau juga menyampaikan kepada peserta sosialisasi JPI 2018, “Pemuda itu harus menjadi generasi penerus bangsa yang gaul, pinter, nasionalis dan juga religius”.  “Ajang JPI 2018 ini harus di jadikan semangat baru kaum muda untuk mengembangkan kreatifitas dan juga integritas. Lalui semua proses yang ada untuk belajar lebih baik”, tambahnya.

Seleksi JPI akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2018 pukul 08.00 WIB s/d selesai di Ruang Gelora Pora, Gedung Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Panitia seleksi juga menyampaikan bahwa pelaksanaan seleksi JPI peserta diwajibkan memakai dresscode yaitu pakaian batik dan tidak boleh memakai celana jeans. Untuk referensi seleksi, peserta bisa mempelajari wawasan kebangsaan, UU No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, serta mengakses situs resmi pariwisata.slemankab.go.id dan www.slemankab.go.id.

Panitia berharap, penyelenggaraan kegiatan JPI dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, meningkatkan kesadaran dan rasa cinta tanah air, memahami keanekaragaman seni budaya, memupuk rasa kesatuan dan persatuan bangsa, meningkatkan pemahaman tentang Ke-Bhineka Tunggal Ika-an, rasa Nasionalisme serta meningkatkan keterampilan dan melatih kreativitas pemuda menuju kemandirian. Serta Memberikan peran terhadap pemuda dalam arti yang lebih luas dengan memanfaatkan media JPI BPAP sebagai media di masa yang akan datang sebagai wahana kawah candradimuka untuk mempersiapkan para calon Pemimpin masa depan.

Tinggalkan Komentar