Penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018 di Indonesia

0
856

Pesta Olahraga Musim Panas Asia 2018, secara resmi dikenal sebagai Asian Games XVIII, adalah edisi ke-18 dari acara multi event olahraga regional Asia yang rencananya akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2018 – 2 September 2018, di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 41 cabang, terdiri dari 33 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Event olahraga ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta tahun 1962. Setelah tahun 1962 (atau 56 tahun kemudian) baru mendapat kepercayaan lagi untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asean Games. Sebagian fasilitas yang dibangun untuk Asian Games IV akan kembali digunakan dalam Asian Games XVIII ini. Asian Games tahun 1962 juga meninggalkan beberapa bangunan monumental antara lain jembatan Semanggi, Toserba Sarinah, Hotel HI dan Stadion Gelora Bung Karno serta stasiun TVRI. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games akan diadakan di dua kota sekaligus.

Penyelenggaraan  Asian Games XVIII 2018 di Indonesia, dimulai Pengarakan Api Obor (Torch Relay) akan datang dari New Delhi langsung turun di Kabupaten Sleman Yogyakarta,  direncanakan akan masuk ke Kabupaten Sleman Yogyakarta pada tanggal 17 Juli 2018 dan menginap semalam. Pengarakan api akan dilanjutkan ke kota-kota di Indonesia setelah sebelumnya akan diadakan penyatuan api dari New Delhi dengan api mrapen Grobogan di lokasi candi Prambanan.

Demikian informasi singkat yang dapat kami sampaikan untuk sementara ini, hal lain akan diinformasikan lebih lanjut, masyarakat diajak untuk menyambut pada saatnya.

( sumber : rapat koordinasi persiapan kegiatan Pengarakan Api Obor (Torch Relay) Asian Games XVIII tahun 2018 tanggal 23 April 2018, di Hotel Peninsula, Jakarta)

Tinggalkan Komentar